http://adf.ly/1L9xpp

Rabu, 09 November 2011

konsep sistem dan sistem komunikasi

Konsep sistem dan sistem komunikasi
Mungkin kalian tidak asing mendengar sebuah sistem. Karena sistem ini  selalu dekat dengan kita. Sebenernya apasih arti sebuah sistem itu sendiri. Sistem adalah kumpulan kumpulan dari komponen komponen atau sub sistem yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.sistem dapat dibedakan antara sistem abstrak dengan sistem fisik.sistem abstrak adalah suatu susunan teratur gagasan atau konsepsi yang saling tergantung.sebagai contoh sistem teologi adalah suatu gagasan mengenai tuhan,manusia dan sebagainya. Sistem fisik lebih lanjut dapat di definisikan dengan contoh:
Sistem peredaran darah    Jantung,urat-urat darah yang menggerakan darah ke seluruh tubuh
Sistem transportasi               Petugas,mesin dan organisasi yang menjalankan trasportasi barang
Sistem persenjataan            peralatan,procedure,dan petugas yang memungkinkan menggunakannya  sebuah senjata
Sistem sekolah                      bangunan,pendidikan,petugas administrasi,buku-buku teks dan sebagainya yang berfungsi bersama untuk memberikan pendidikan kepada para siswa
Sistem perakunan                cacatan . aturan ,procedure,peralatan dan petugas uang beroprasi mencatat data, mengukur pendapatan.menyiapkan laporan.
Sebuah sistem bukanlah sebuah seperangkat unsur yang tersusun secara tidak teratur ,tetapi  terdiri dari unsur yang dapat di kenal  sebagai saling melengkapi karena satunya maksud .tujuan atau sasaran.sistem fisik lebih sekedar bentuk konseptual karena dapat memperlihatkan kegiatan atau perilaku.
Sebuah sisitem harus di bawah pengendalian manusia , kecuali sistem fisik seperti sistem tata surya ,alam dan hewan yang tidak di bawah pengendalian manusia.
Model umum sebuah sistem
Sistem harus terdiri dari masukkan , pengelolahan dan keluaran.sebuah sistem yang sangat besar mungkin mempunyai  beberapa masukan dan beberapa pengeluaran. Sifat yang  menentukan dan membatasi sebuah sistem membentuk “sempadan”-nya(boundary).sistem berada di dalam sempadan tersebut.”lingkungan” adalah yang berada di luar sempadan,beberapa contoh sepadan adalah:
            Sistem                                                             sempadan
Manusia                                 kulit rambut ,kuku dan semua bagian yang terkandungnya membentuk sistem(semua di luar adalah lingkungannya)
mobil                                      tubuh mobil ditambah roda dan semua bagian di dalamnya membentuk sistem.
Produksi                                 mesin-mesin produksi ,sediaan peroduksi dalam barang  setengah jadi . para karyawan produksi .prosedur produksi dan sebagainya membentuk sistem.selebihnya di perusahaan adalah lingkungan.
Setiap sistem terdiri dari beberapa subsistem . dan subsistem terdiri pula atas beberapa sub-subsistem.masing-masing sub sistem di batasi dengan sepadannya . saling kaitan dan interaksi antar sub sistem tersebut “interface”atau jalinan. Interface terjadi pada sempadan dan bentuk masukan atau keluaran (materi,energy atau informasi).di bawah ini adalah contoh-contoh subsistem dan  interface dalam sempadan.
Sistem                                     subsistem                                           interface
Komputer                              unit pengolah pusat                                    saluran          
                                                Penyimpan tambahan
                                                Unit keluaran
                                                Unit masukkan
Unit pengolahan pusat       unit prthitungan                                kawat penghubung
                                                Unit pengendali
                                                Unit penyimpan
Pengolahan  batch             keja edit                                            alih data
Dengan kerja terpisah        kerja sotir                                           kerja satu dengan lainnya
(separace run)                     kerja meremajakan(update)                     misalnya pita daya.
                                                Kerja keluaran
Jenis-jenis sistem
            Klasifikasi yang telah di kemukakan  adalah sistem fisik dan sistem abstrak . klasifikasi lain adalah sistem diterminisme dan probabilistic serta sistem tertutup dan terbuka .
Sistem deterministic dan probalistik
  1. Sebuah sistem diterministik  beroprasi dengan cara yang dapat di ramalkan secara tepat.interaksi antar bagian –bagian di ketahui dengan pasti.
  2. Sistem probabilistic dapat di uraikan dalam istilah perilaku yang mungkin tetapi selalu ada sedikit kesalahan  atas ramalan atas berjalannya sistem

Sistem tertutup dan terbuka
  1. Sebuah sistem tertutup adalah sistem yang tidak berhubungan dengan dunia luarnya . sistem ini otomatis tanpa campur tangan dari pihak lainnya.contohnya reaksi kimia di dalam sebuah tabung berisolasi dan tertutup

  1. Sistem terbuka sistem yang berhubungan dan berpengaruh dengan lingkungan luarnya . sistem ini menerima masikkan dan menghasilkan pengeluaran untuk lingkungan luarnya . maka sistem ini memerlukan pengendalian yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar